Kepulauan Seribu Yang Sangat Indah dan Menawan

Kementerian Profesi Lazim dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercantik wilayah pariwisata Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, sebagai salah satu dari 10 Wilayah Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau “Bali Baru”. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, KSPN ini direncanakan secara terpadu, via pembangunan sejumlah infrastruktur penyokong supaya kawasan berupa gugusan pulau yang berlokasi di utara Teluk Jakarta itu lebih nyaman, rapi, dan menawan. – https://archipelagotraveller.com/komodo-2/

“Seluruh dibentuk oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Kawasan,” ujar Basuki. Pelbagai usaha dijalankan Kementerian PUPR, antara lain via Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 36,16 miliar tahun 2017-2018 untuk pengembangan Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa. Dikala ini sedang dituntaskan pembangunan pelindung pantai di Pulau Pramuka, Bidadari, dan Kemauan; dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Pulau Bidadari.

Kecuali itu, pembangunan Jalan Gertak Mangrove dan Jembatan Pengantin di Pulau Untung Jawa untuk memperbanyak titik baru bagi pelancong yang berkunjung ke sana. Jembatan Pengantin dijadikan berbentuk hati yang mengitari pohon pengantin pada 2018 dan menjadi paket pengembangan pariwisata Taman Arsa di sisi selatan Pulau Untung Jawa. Jembatan ini dijadikan dari bahan beton dan plastik PVC yang diukur kuat dan dapat bertahan dari benturan ombak dan air laut.

Pembatas pagar malahan dipasang di pinggir jembatan demi keamanan pengunjung yang berharap merasakan panorama di sekitarnya sambil melaksanakan swafoto. Sebelumnya, juga sudah dijalankan pembangunan yang berupa Taman Arsa dan Taman Sakura di Pulau Untung Jawa. Meskipun di Pulau Tidung sudah dibangun fasilitas foodcourt, gazebo, sentra suvenir, dan sarana sanitasi. Sementara infrastruktur untuk warga yang telah dibangun antara lain IPAL Komunal pada tahun 2017, peningkatan kwalitas air bersih di Pulau Seribu pada 2016-2018, penyediaan prasarana TPA, TPS, dan TPS-3R pada 2016-2018, dan 50 unit rumah tapak pada 2017.

Kunjungi Juga : https://archipelagotraveller.com/5-must-visit-places-in-papua-paradise/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *