Beberapa Pilihan Minyak Goreng Sehat yang Dapat Kamu Gunakan untuk Memasak

Siapa yang sering menggunakan minyak goreng? Minyak goreng memang menjadi bahan pokok disaat kamu memasak setiap hari. Hampir segala jenis makanan perlu diolah menggunakan minyak goreng, walaupun hanya dalam jumlah sedikit. Itulah kenapa, minyak goreng pasti selalu dapat ditemukan di dapur setiap rumah.

Akan tetapi, apa kamu tahu bila minyak rupanya bukan hanya menjadi sumber lemak, tetapi juga ada manfaat lain yang dapat menyehatkan tubuh. Beberapa jenis minyak goreng sehat justru jadi pilihan yang bagus untuk menggoreng. Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Bagaimana Ciri-Ciri Minyak yang Bagus Untuk Mengoreng?

Bila kamu ke supermarket atau pasar, kamu tentu akan menemukan berbagai jenis minyak yang dijual. Disinilah, kamu harus teliti dalam memilih minyak yang akan kamu beli dan gunakan. Daripada binging, coba pahami ciri-ciri minyak goreng yang sehat berikut ini!

Cek Juga: Grosir Minyak Goreng

1. Kadar Lemak Jenuh Harus Rendah

Pada dasarnya, setiap jenis minyak mengandung lemak jenuh atau lemak tidak jenuh. Nah, disinilah, kamu sangat direkomendasikan untuk membeli minyak yang punya kandungan lemak tidak jenuh lebih tinggi ketimbang kandungan lemak jenuhnya.

2. Mempunyai Titik Asap Tinggi

Titik asap yaitu temperatur disaat minyak mulai mengeluarkan asap dan berubah warna. Jika minyak telah berasap, berarti komposisi minyak sudah berubah. Oleh karena itu, jenis minyak yang paling baik untuk menggoreng yaitu minyak dengan titik asap tinggi.

3. Mempunyai Ciri-ciri Seperti Air

Minyak memang tidak sama dengan air. Meski begitu, minyak goreng yang bagus mempunyai sifat yang mirip dengan air. Beberapa ciri-ciri minyak goreng yang bagus adalah mudah mengalir, tidak lengket, dan idak menempel di makanan.

Berikut Pilihan Minyak Goreng Sehat yang Dapat Kamu Coba!

Selain minyak goreng pada umumnya, beberapa jenis minyak berikut ini dapat menjadi alternatif lain yang lebih sehat disaat digunakan untuk menggoreng. Apabila kamu bosan dengan minyak kelapa sawit, inilah altenatif minyak goreng yang dapat kamu coba untuk memasak!

Cek Juga: Jual Minyak Goreng

1. Minyak Zaitun

Kandungan lemak tidak jenuh dalam minyak zaitun atau olive oil jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuhnya. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan polifenol yang dapat menolong menjaga kesehatan jantung.

Apabila kamu ingin menggunakan jenis minyak ini, kamu sebaiknya gunakan untuk menumis atau sebagai tambahan dalam salad saja karena jenis minyak ini mempunyai titik didih yang rendah dan kurang cocok digunakan untuk menggoreng.

2. Minyak Canola

Sama seperti minyak zaitun, minyak canola juga mengandung lemak tidak jenuh yang lebih tinggi dibandingi lemak jenuhnya. Minyak canola juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Karena rasanya yang netral dan titik asap tinggi, minyak canola sangat cocok digunakan untuk memanggang ataupun menumis sebuah hidangan.

Cek Juga: Minyak Goreng Rendah Kolesterol

3. Minyak Biji Matahari

Minyak biji matahari mengandung berbagai jenis antioksidan yang berguna bagi tubuh, di antaranya asam oleat, betaine, dan asam phenolic. Karena sifatnya yang tetap stabil meskipun digunakan di temperatur tinggi, jenis minyak ini juga sangat cocok digunakan untuk menggoreng, menumis, atau untuk membuat kue.

4. Minyak Kacang

Karena minyak ini mengandung lemak nabati yang membantu menurunkan kolesterol dan phytosterol, sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Karena titik asapnya yang tinggi, minyak kacang dapat digunalam untuk berbagai jenis sajian baik itu digoreng, dipanggang, ataupun ditumis.

Baca Juga: Supplier Minyak Goreng

5. Minyak Kelapa

Kandungan HDL alias kolesterol baik serta asam laurat dalam minyak kelapa menolong menurunkan risiko serangan jantung. Akan tetapi, mempunyai rasa yang khas, kamu sebaiknya lebih teliti mengolah minyak kelapa pada hidangan-hidangan tertentu. Hal ini dimaksudkan supaya rasa hidangan tetap enak dan dapat disukai oleh semua orang tanpa pengecualian.

6. Minyak Alpukat

Alpukat yang kaya gizi dapat diolah menjadi minyak alpukat yang mempunyai segudang manfaat kesehatan. Minyak alpukat mengandung vitamin E, asam lemak tidak jenuh tunggal, dan asam lemak tidak jenuh ganda. Titik asap minyak alpukat juga cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk sajian tumisan.

Walaupun memiliki berbagai macam jenis, kamu dapat memilih dan mendapatkan minyak goreng terbaik untuk kamu dan keluarga. Ada banyak sekali varian minyak goreng yang dipasarkan di supermarket maupun online.

Berbagai jenis minyak goreng sehat yang dibahas di atas, sekarang ini juga sudah mudah untuk dicari. Bila dapat membuat menu yang sehat, kenapa harus menunda? Mulailah pola hidup sehat dengan memberikan makanan sehat bagi diri sendiri dan orang-orang tercinta!

Kunjungi Juga: Agen Minyak Goreng

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *