Cara Memilih Sofa untuk Ruang Tamu

Boleh-boleh saja Anda beranggapan bahwa sofa merupakan furniture yang sepele, akan tetapi jika mencontoh cara memilih sofa berikut Anda dapat membuat sofa menjadi furniture yang luar biasa!

Sofa merupakan sebuah tempat duduk yang empuk dan nyaman. Tetapi, sadarkah Anda bahwa dekorasi ruangan rupanya bisa diberi pengaruh dari gaya sofa yang digunakan?

Kehadiran sofa ruang tamu akan membuat ruangan menjadi lebih “berisi” dan menambah dekorasi dalam ruangan.

Sofa yang nyaman secara tak langsung juga bisa membuat tetamu yang berkunjung ke rumah Anda nyaman.

Bukan tidak mungkin prestis keluarga Anda di mata tetamu dan kolega bisa meningkat signifikan hanya dari pilihan sofa yang tersedia.

Oleh sebab itu, janganlah salah memilih dan membeli sofa! Supaya tak salah pilih, sebaiknya ikuti sebagian cara memilih sofa berikut ini!

Cara Memilih Sofa yang Tidak Boleh Disepelekan

Jenis Sofa

Ada banyak jenis sofa yang sekarang ini dipasarkan di pasaran dengan harga dan bentuk yang berkompetisi. Tapi, Anda harus konsisten mencari jenis sofa terbaik untuk ruang tamu yang sempit.

Salah satu solusi dalam menyiasati ruang tetamu Anda adalah dengan menerapkan sectional sofa. Jenis sofa ini mampu memperkuat bentuk dan dimensi ruang tamu.

Bentuk Sofa

Cara memilih sofa yang kedua adalah menentukan bentuk sofa. Salah satu pertimbangannya adalah disaat duduk di atas sofa sebaiknya telapak kaki tak menggantung dan dapat menapak dilantai.

Perhatikan juga keempukan sofa. Paling tidak cukup menampung cukup orang disaat duduk. Seandainya Anda memilih sofa yang mempunyai komponen untuk meletakkan lengan, pilihlah komponen yang lebih tinggi, supaya terasa nyaman dan tidak pegal disaat meletakkan tangan di sana.

Ukuran Sofa

Cara memilih sofa yang ketiga adalah menyesuaikan besar sofa, meja, dan tempat duduk pendampingnya dengan ukuran ruang tamu.

Seandainya ruang tamu Anda sempit, karenanya pilihlah sofa yang tak terlalu besar. Jangan sampai ruang tamu menjadi sempit dan menyulitkan orang-orang untuk lewat.

Warna Sofa

Pemilihan warna menjadi cara memilih sofa berikutnya. Jika ruang tetamu Anda besar, tentu lebih mudah dalam pemilihan warna. Sayangnya jika ruang tetamu Anda sempit, banyak pertimbangan dalam pemilihan warna.

Warna sofa yang jelas atau pastel dapat Anda pilih untuk memberikan kesan luas pada ruang tetamu. Tapi, Anda juga jangan takut untuk main tabrak warna karena dapat memberikan efek yang berbeda.

Tinggi Punggung Sofa

Seandainya Anda berkeinginan membeli sofa sesudah rumah selesai direnovasi atau didekorasi, karenanya tinggi punggung sofa menjadi pertimbangan utama.

Jangan sampai tinggi punggung sofa yang baru dibeli menghambat keserasian pandangan Anda ketika ingin merasakan pernik dekorasi lain, seperti lukisan, patung, ataupun lampu-lampu.

Bahan Pembungkus Sofa

Untuk bahan pembungkus sofa, seperti itu banyak variasinya. Contohnya, denim, katun, kanvas, polyester, kulit sintesis, sutra, kulit sapi, ataupun beludru.

Seluruh bahan yang diceritakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya bahan dari kulit orisinil, bisa awet sampai puluhan tahun. Sementara bahan dari kain katun, memiliki jenis corak yang beragam.

Pola atau Corak Sofa

Ini salah satu hal yang paling penting disaat Anda memilih sofa. Anda harus dapat berhati-hati disaat memilih corak, sebab corak sofa dapat memengaruhi ilusi mata Anda atau tamu yang datang.

Corak sofa yang mencolok di ruangan yang kecil rupanya akan memberikan kesan yang terlalu ramai dan kurang enak dilihat. Sebaiknya corak yang Anda pilih dapat menjadi pemanis ruangan sehingga bisa memberikan kesan yang simpel, tetapi tetap enak dilihat.

Baca Juga: Kursi Santai

Kenyamanan Sofa

Apapun pertimbangan Anda dalam memilih sofa, faktor kenyamanan tetap harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan yang utama. Hal ini dikarenakan fungsi sofa sendiri merupakan tempat duduk untuk bersantai disaat Anda lelah atau untuk menyambut tetamu.

Kenyamanan sofa bisa dilihat dari berapa lama Anda duduk di sofa tersebut. Idealnya, Anda duduk di sofa sekitar kurang lebih 15-20 menit.

Harga Sofa

Cara memilih sofa yang terakhir tidak lain adalah soal harga. Harga pasti tidak akan dapat terpisahkan dari pertimbangan dalam membeli apapun, seperti itu pula dalam membeli sofa.

Pertimbangan-pertimbangan sebelumnya hasilnya akan berujung pada harga. Entah Anda harus siap berkompromi dengan harga yang lebih mahal atau Anda harus siap berkompromi dengan pertimbangan lainnya demi harga yang lebih murah.

Yang pasti, akan ada persoalan di mana Anda perlu berkompromi dengan salah satunya.

Kunjungi Juga: Sofa Minimalis Terbaru

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *