Panduan Lengkap Langkah-demi-Langkah untuk Proses Pengiriman

Pengiriman internasional sama sekali tidak sederhana itu. Ada banyak hal yang harus dilaksanakan selama proses pengiriman kargo dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Prosesnya melibatkan arus barang dan dokumen dari tempat asal ke tempat tujuan. Agar proses dapat diselesaikan dengan sukses, transfer barang dan persiapan dokumen dari satu pihak ke pihak lain harus dilakukan secara sinkronisasi. Berikut ini adalah penjelasan dari keseluruhan proses pengiriman.

Langkah 1: Minta Kutipan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses pengiriman adalah meminta penawaran harga. Tetapi sebelum itu, Anda perlu verifikasi rincian pengiriman terlebih dahulu. Dari tanggal pengiriman, asal detail, alamat tujuan, dan dimensi pengiriman. Setelah selesai, Anda bisa mulai mendapatkan penawaran dari para forwarder. Terserah Anda tentang bagaimana Anda ingin menyelesaikan sesuatu, baik menelepon atau mengirim email kepada mereka. Setelah itu, Anda harus menunggu beberapa hari agar kutipan kembali dan membandingkannya.

Cara mudah lainnya adalah dengan mendapatkan penawaran Anda untuk pengiriman laut atau udara di Layanan Back Office Offshoring. Dengan memberikan informasi utama yang telah Anda siapkan, Anda akan menerima beberapa penawaran dari berbagai operator hanya dalam satu klik.

Setiap persyaratan khusus harus disebutkan yang mencakup pengiriman barang kimia atau berbahaya.

Langkah 2: Pilih perusahaan pengiriman barang

Setelah Anda mengumpulkan semua penawaran, langkah selanjutnya adalah memilih pengirim barang yang tepat untuk memindahkan pengiriman Anda yang paling sesuai dengan tarif target Anda. Ada lebih dari 100.000 perusahaan pengiriman barang di seluruh dunia. Yang membuatnya lebih sulit adalah tidak memilih yang terbaik tetapi memilih yang tepat. Meskipun ini bukan waktunya untuk mengkhawatirkan hal itu karena kami telah mengumpulkan beberapa informasi tentang bagaimana memilih pengirim barang yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek Juga: Perusahaan Logistik di Indonesia

Langkah 2.1: Pengalaman adalah kunci

Ini teratas semua item dalam daftar ini. Pilih perusahaan ekspedisi yang ahli di bidangnya dan memiliki pengalaman bertahun-tahun. Temukan perusahaan pengiriman yang telah menangani banyak situasi tetapi tidak terbatas pada yang berikut:

    – Pekerja mogok
    – Penutupan port
    – Rute ulang kargo
    – Masalah pergudangan dan sebagainya

Perusahaan pengiriman barang adalah seseorang yang membantu Anda menghindari dan mengurangi masalah yang timbul di bea cukai, gudang, dan perutean untuk memastikan pengiriman internasional Anda berjalan dengan lancar. Perhatikan bahwa pengirim barang harus memiliki sertifikasi kemampuan. Operator Cargowise Back Office kami telah menjalani Pelatihan Cargowise Lepas Pantai dan mereka semua bersertifikat, sangat terlatih dan berpengalaman.

Langkah 2.2: Layanan yang Ditawarkan

Periksa kembali layanan yang ditawarkan oleh perusahaan pengiriman barang. Sebagai sebuah industri, Anda perlu mencari pengirim barang yang dapat memberikan layanan yang Anda butuhkan. Mereka harus dapat mengelola ekspor dan impor udara dan laut serta kereta api dan truk untuk pengiriman barang Anda.

Langkah 2.3: Layanan dan Referensi Pelanggan yang Baik

Bisnis apa pun yang mengamati layanan pelanggan yang baik adalah bisnis yang baik. Sangat meyakinkan untuk mengetahui bahwa perusahaan pengiriman barang Anda akan mempercayakan barang Anda dengan menawarkan pelanggan yang baik karena ini sangat penting. Memiliki layanan pelanggan yang baik mencakup hal-hal berikut:

    – Menjadi sangat proaktif dalam menanggapi permintaan atau pertanyaan tentang pengiriman.
    – Mampu mendiskusikan persyaratan dan prosesnya jika Anda baru mengenal bisnis ini.
    – Mampu mengurus kebutuhan bisnis dengan profesionalisme.

Juga, perusahaan pengiriman barang yang tepat memiliki ulasan dan rekomendasi yang baik. Dari mulut ke mulut adalah cara yang efektif daripada segala bentuk iklan. Jika orang mengatakan hal baik tentang produk atau layanan tertentu, kami merasa yakin untuk mencobanya sendiri. Hal yang sama berlaku untuk perusahaan pengiriman. Jika Anda belum pernah mendengar testimoni yang baik tentang layanan ini, maka itu pertanda yang jelas.

Langkah 3: Mempersiapkan dokumen yang diperlukan

Ini adalah salah satu langkah terpenting dalam proses pengiriman. Ini adalah sesuatu yang perlu Anda lakukan dengan benar untuk berhasil mengirimkan barang dan menghasilkan uang. Berikut adalah delapan dokumen ekspor standar yang perlu Anda pahami dan siapkan untuk pengiriman yang sukses.

Simak Juga: Jasa Pengiriman Internasional

Faktur Proforma

Dalam pertukaran ekspor tipikal, semuanya dimulai ketika Anda menerima pertanyaan tentang satu atau lebih dari produk Anda. Permintaan itu termasuk permintaan untuk penawaran. Dalam transaksi internasional, kutipan yang diminta akan berfungsi sebagai faktur proforma dan akan digunakan untuk mengatur pembiayaan, untuk membuka surat kredit, untuk mengajukan permohonan izin impor, dan banyak lagi.

Surat Tagihan

Setiap kali faktur proforma dikirim ke prospek internasional Anda dan menerima pesanan, Anda perlu menyiapkan barang Anda untuk pengiriman, termasuk dokumen. Setelah Anda menyelesaikan dan menyiapkan barang untuk diekspor, Anda perlu menyiapkan dokumen pengiriman yang tepat dan itu termasuk tiga salinan faktur komersial dengan elemen data ini:


   – Nama, alamat, informasi kontak, dan kemungkinan nomor TIN dari penjual.
   – Nama lengkap pembeli, alamat, informasi kontak, dan nomor TIN.
   – Nama lengkap, alamat, informasi kontak, dan nomor TIN kapal ke pihak.
   – Penjelasan rinci tentang barang dagangan.
   – Negara pengiriman.
   – Istilah perdagangan dan lokasi yang terkait dengan istilah tersebut.
   – Barang dan jasa untuk produksi barang dagangan.
   – Tanda tangan, judul penandatangan, dan tanggal penandatanganan.
   – Informasi tambahan disediakan dalam syarat dan ketentuan pada dokumen.

Daftar kemasan

Daftar pengepakan mengidentifikasi barang-barang dalam kiriman dan mencakup berat dan dimensi bersih dan kotor paket. Ini digunakan untuk mengidentifikasi tanda yang muncul pada paket, dan setiap instruksi khusus untuk memastikan pengiriman barang yang aman ke tujuan akhir mereka.

Sertifikat asal

Sementara beberapa negara akan menerima pernyataan asal pada faktur komersial, otoritas bea cukai negara lain dapat meminta dokumen terpisah berjudul sertifikat asal. Ini akan berfungsi sebagai bukti dokumenter bahwa barang-barang yang berasal dari negara tersebut dinyatakan dalam sertifikat, faktur komersial, atau daftar pengepakan.

Cek Juga: Jasa Logistik

Surat Pengantar Pengirim

Surat Perintah Pengiriman berisi semua informasi yang diperlukan untuk memindahkan barang Anda dengan sukses. Terlepas dari forwarder yang Anda sewa, penting bagi Anda untuk memberikan kepadanya dokumen ini.

Bills of Lading

Anda tentu membutuhkan setidaknya satu tetapi Anda mungkin memerlukan beberapa dokumen ini. Ini digunakan untuk menemani ekspor Anda. Misalnya, Anda mungkin diharuskan memiliki surat muatan darat untuk memindahkan barang-barang Anda ke pelabuhan atau bandara. Untuk melakukan itu, Anda akan memerlukan bill of lading terpisah, yang biasanya diisi oleh forwarder Anda.

Formulir Barang Kimia/Berbahaya

Dokumen ini untuk produk-produk yang dianggap sebagai barang berbahaya oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) atau International Maritime Organization (IMO). Anda harus menyertakan formulir barang berbahaya yang sesuai dengan kiriman Anda. Formulir ini perlu diisi oleh seseorang yang telah menjalani pelatihan tentang cara menangani pengiriman barang berbahaya.

Draft Bank

Draft bank penting karena digunakan untuk mentransfer kendali atas barang yang diekspor dari penjual dengan imbalan dana dari pembeli. Ini juga dikenal sebagai koleksi dokumenter karena penjual menempel berbagai dokumen ke draft bank dan surat pengantar.

Langkah 4: Konfirmasikan detail pengiriman

Ketika Anda selesai mempersiapkan proses pengiriman, pastikan untuk memeriksa ulang dan mengkonfirmasi rincian pengiriman. Verifikasi asal pengiriman, nomor B / L, jumlah dan jenis wadah, jenis referensi dan nomor. Periksa apakah semuanya diatur untuk dipindahkan.

Langkah 5: Pesan barang Anda

Setelah konfirmasi detail pengiriman selesai, Anda sekarang dapat melanjutkan untuk memesan barang Anda. Pada langkah ini, Anda akan memiliki akses ke semua tarif yang tersedia untuk rute yang Anda pilih. Anda akan melihat bahwa operator yang berbeda memiliki rute dan waktu transit yang berbeda. Tambahkan layanan yang Anda butuhkan di tempat asal atau tujuan, seperti pengambilan, pengiriman, pelabuhan, biaya, dll. Harga akan diperbarui secara otomatis sesuai dengan layanan yang dipilih. Pastikan untuk memilih penawaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, konfirmasikan tanggal keberangkatan dan pastikan bahwa ketersediaan dikonfirmasi oleh jalur pengiriman lalu tunggu mereka untuk mengirimkan pemesanan Anda ke jalur pengiriman setelah mereka menyelesaikan pemesanan dan pembayaran.

Kunjungi Juga: Jasa Pengiriman Barang Besar

Langkah 6: Lacak dan kelola pengiriman Anda secara online

Setelah Anda menerima email konfirmasi pemesanan dari pengirim barang, Anda dapat mulai melacak kiriman Anda. Beberapa pengirim, menawarkan untuk melacak kiriman Anda melalui online dan real-time. Tetapi di Total Back Office Solutions, kami tidak hanya menawarkan pelacakan online dan manajemen waktu nyata, tetapi kami juga memiliki platform lain seperti faktur, dokumen, dan organisasi kontrak.

Langkah 7: Pengiriman melewati bea cukai di pelabuhan masuk

Pengiriman Anda akan dievaluasi oleh bea cukai jika memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh mereka. Jika ya, tidak ada masalah yang akan terjadi pada kiriman Anda dan itu dapat melewati. Tetapi jika tidak, kiriman Anda akan disimpan di bawah pengawasan bea cukai sampai saldo dibayarkan.

Langkah 8: Membayar kembali tagihan untuk bea dan pajak bea cukai

Tagihan di sini akan mencakup bea dan pajak langsung dari pengirim dan harus dibayarkan langsung ke pengirim. Beberapa forwarder tidak menerima pembayaran melalui cek atau transfer bank tetapi kebanyakan melakukannya. Ketika ada permintaan untuk layanan inspeksi, tagihan juga akan ditagih langsung kepada Anda.

Langkah 9: Terima kiriman

Ketika semuanya berjalan lancar Anda akan menerima kiriman Anda sesegera mungkin.

Baca Juga: Pengiriman Logistik

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *