Apa Saja Manfaat Sistem ERP bagi Bisnis?

Anda sudah memahami apa itu ERP? Kali ini, kami mengajak Anda untuk mengenal apa saja manfaat cara ERP bagi bisnis.

Sistem ERP mempunyai banyak kegunaan bagi pelbagai variasi dan ukuran perusahaan dari seluruh industri; seperti manufaktur, ritel, grosir, makanan dan minuman, real estate, konstruksi, dan lain-lain. Berikut ini yaitu sebagian manfaat utamanya.

1. Menyederhanakan Pelaksanaan Bisnis

Sistem ERP menyederhanakan pelbagai pelaksanaan yang rumit seperti perencanaan produksi, pelacakan inventaris, pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain.

Sebagai contoh, departemen software akuntansi tak perlu menghabiskan banyak waktu atau memakai banyak spreadsheet untuk membikin laporan laba rugi atau arus kas. Sistem ERP memungkinkan mereka untuk menciptakan laporan yang akurat hanya dengan beberapa kali klik.

 

2. Menghemat Biaya

Dengan sistem ERP, perusahaan bisa mengurangi biaya administrasi dan operasional.

Karena sebagian besar pelaksanaan bisnis diotomatiskan, karenanya perusahaan bisa memangkas tarif yang dipakai untuk kekuatan kerja. Perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli banyak aplikasi yang berbeda untuk tiap-tiap manajemen.

Selain itu, dengan laporan bisnis yang komplit dan akurat, perusahaan juga bisa memprediksi pendapatan, permintaan konsumen, keperluan inventaris, dan lain-lain sehingga bisa mengendalikan anggaran dengan lebih bijak.

3. Meningkatkan Efisiensi

Sistem ERP menolong perusahaan menghilangkan pekerjaan manual sehingga berbagai pekerjaan bisa dituntaskan dengan lebih cepat. Seumpama, pencarian barang bisa dilaksanakan cuma dalam hitungan detik sehingga perusahaan manufaktur bisa memproses pengepakan barang dan mengirimnya ke pelanggan dengan lebih cepat.

ERP juga memungkinkan pemangku kepentingan untuk memonitor KPI dari tiap-tiap divisi di perusahaan melewati dasbor sehingga mereka tak perlu menemui manajer dari tiap-tiap divisi secara langsung hanya untuk menanyakan update.

4. Mengintegrasikan informasi

Perangkat lunak ERP memungkinkan tiap-tiap departemen untuk mengakses berbagai berita yang mereka butuhkan tanpa mengganggu pekerjaan departemen lain.

Sebagai contoh, departemen pemasaran berkeinginan mengetahui perilaku belanja para pelanggan. Dengan bantuan cara kolaboratif, mereka tak perlu minta datanya dari departemen penjualan, sebab mereka dapat menciptakan data tersebut secara langsung dari sistem.

5. Memberikan Data Bisnis yang lebih akurat

Laporan bisnis berperan penting dalam pelaksanaan pengambilan keputusan. Alat pelaporan canggih dalam sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk menciptakan laporan mendalam yang cermat sehingga mempermudah mereka untuk membikin prakiraan (forecast) yang bisa menolong mengoptimalkan bisnis mereka.

6. Meningkatkan Mobilitas

Sistem ERP berbasis cloud atau web memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau operasi bisnis mereka kapan saja dan di mana saja mereka berada dengan memakai perangkat seluler.

Tanpa ERP, pemilik bisnis harus hadir secara langsung di kantor hanya untuk menetapkan bahwa segala operasional berjalan lancar. Ini akan sulit dilaksanakan seandainya mereka mempunyai banyak cabang toko atau gudang yang letaknya berjauhan.

Penjual ritel atau grosir bisa mendapatkan dan mengelola orderan serta melacak ketersediaan stok mereka kapan malahan mereka inginkan sehingga mereka tak perlu menunda pengiriman.

7. Mengoptimalkan Produktifitas

Sebab berbagai pekerjaan berulang dihilangkan, karyawan bisa lebih konsentrasi ke pekerjaan inti mereka dan mereka mempunyai lebih banyak waktu untuk mengatasi tugas atau proyek lain.

 

Artikel Lainnya : Aplikasi Akuntansi

Kunjungi Juga : https://www.ecount.com/id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *