Melakukan Pemeliharaan Pintu dan Rangka Baja Standar

Pemeliharaan produk apa pun sangatlah penting dan perlu dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk tesebut serta dapat berumur panjang. Rakitan pintu baja dan rangka tidaklah berbeda. Bahkan, dalam beberapa kasus di mana rakitan pintu dan rangka digunakan sebagai penghalang api dan asap, perawatan yang tepat sangatlah penting. Pemeliharaan dasar untuk memastikan berfungsinya perakitan sangat penting dan layak upaya untuk menyediakan keselamatan hidup manusia.

Simak Juga: Pintu Garasi

Area yang akan diperiksa

Barang-barang berikut harus diperiksa secara berkala. Frekuensi pemeriksaan ini harus ditetapkan berdasarkan kebijaksanaan pemilik gedung, perusahaan asuransi, otoritas pelabelan (sebagaimana berlaku), dan layanan pemeliharaan. Karena pintu di area yang berbeda dari layanan akses gedung lalu lintas yang berbeda, frekuensi inspeksi berkala akan terjadi masing-masing.

Engsel

Periksa semua engsel untuk sekrup pemasangan yang longgar, keausan pin engsel atau cacat penting lainnya. Servis engsel atau lepaskan komponen yang rusak dan ganti sesuai rekomendasi pabrikan. Pintu harus selalu berayun dengan bebas dan lancar tanpa terhalang dari posisi dibuka ke terkunci (ketika perangkat kait digunakan).

Baca Juga: Pintu Garasi Wina

Locksets, perangkat darurat, pintu darurat kebakaran

Periksa semua pengunci untuk sekrup pemasangan yang longgar dan kehausan serta hal penting lainnya. Servis penguncian atau hapus bagian yang rusak dan ganti sesuai rekomendasi pabrikan. Pintu harus selalu terkunci dengan bebas dan lancar tanpa halangan. Perangkat yang dapat mengunci sendiri harus selalu berfungsi dengan bebas dan lancar saat pintu berayun ke posisi tertutup. Kekuatan tambahan seharusnya tidak diperlukan untuk mencapai kait. Peredam suara harus diganti ketika operasi kait terganggu oleh kehausan.

Pelat pemukul

Pelat penyangga harus terpasang dengan kuat pada rangka atau daun tidak aktif pada sepasang pintu. Periksa sekrup longgar dan / atau cacat penting lainnya. Servis atau hapus dan ganti sesuai instruksi pabrik.

Perangkat penutup

Periksa semua perangkat penutup untuk sekrup pemasangan yang longgar, lengan tautan dan keausan pin, kebocoran cairan atau cacat penting lainnya. Servis perangkat atau hapus bagian yang rusak dan ganti mengikuti rekomendasi pabrikan. Penyesuaian kecepatan penutupan primer dan sekunder juga harus ditetapkan dan dipertahankan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Perangkat harus memungkinkan pintu beroperasi secara bebas dan lancar di seluruh rentang ayunnya dan terpasang dengan baik (jika dilengkapi) atau tetap dalam posisi tertutup.

Cek Juga: Rel Pintu Garasi Wina

Baut flush

Periksa semua baut flush untuk sekrup pemasangan longgar, penyesuaian baut batang dan pelat serang (pada kedua pintu dan bingkai jika dilengkapi) lampiran. Servis perangkat atau hapus bagian yang rusak dan ganti mengikuti rekomendasi pabrik. Baut batang harus menarik kembali, memperpanjang, dan memasang lubang pemogokan atau penjaga dengan bebas dan lancar untuk baut manual atau flush otomatis.

Lampu kaca

Bahan kaca harus diperiksa apakah ada keretakan dan / atau ada potongan kaca yang hilang. Rangka pemasangan kaca harus diperiksa untuk memastikan semua sekrup yang terpasang (jika digunakan) kencang dan unit terpasang dengan aman ke pintu. Servis lampu kaca atau lepaskan komponen yang rusak dan ganti dengan mengikuti rekomendasi pabrik. Pastikan juga untuk menggunakan kaca pengaman yang disetujui di aplikasi / lokasi yang tepat, atau kaca yang diberi nilai api dan kaca di pintu, jendela, atau lampu api.

Pintu dan bingkai

Pemeriksaan visual umum untuk pintu dan rangka harus dilakukan secara berkala. Setiap cacat finishing yang berlebihan harus diperbaiki dan dicat ulang. Diperlukan perlindungan yang memadai untuk membantu mencegah produk berkarat secara prematur dan mempersingkat masa pakainya.

Operasi tanpa halangan

Rakitan pengukur api dan / atau pengontrol asap ditentukan dan dipasang untuk memenuhi “persyaratan kode keselamatan”. Sangat penting bahwa majelis ini menerima cek pemeliharaan terjadwal secara teratur untuk semua item di atas. Selain itu, bagi majelis untuk melayani tujuannya menghentikan api dan / atau perambatan asap, ia harus berfungsi secara bebas dengan kemampuan untuk mengunci secara positif dalam posisi tertutup. Oleh karena itu, menyangga atau memblokir pintu-pintu ini dalam posisi terbuka merupakan pelanggaran terhadap tujuan dan penggunaan yang dimaksudkan sebagaimana ditetapkan dalam kode bangunan. Pintu-pintu ini tidak boleh dihambat dengan cara apa pun yang mencegahnya berfungsi dimaksudkan.

Gasketing / weatherstripping

Inspeksi visual dan operasional secara berkala diperlukan untuk area gasketed atau weatherstripped seperti perimeter seal, seal threshold, door bottoms, dll. Periksa tanda-tanda kerusakan seperti membelah, meretakkan, atau merusak komponen fleksibel. Instal komponen pengganti sesuai kebutuhan.

Periksa integritas operasional dengan metode berikut:

Gasketing harus diposisikan untuk membuat kontak yang tepat di sepanjang seluruh perimeter pintu. Tes untuk kontak yang benar biasanya dilakukan dengan kertas biasa. Kertas harus dipegang dengan kuat di tempatnya dengan memasukkannya di antara pintu dan gasket, lalu menutup pintu. Jika kertas tidak dipegang dengan kuat pada tempatnya, segel tidak memadai. Tes kertas harus dilakukan di sepanjang seluruh perimeter.

Kunjungi Juga: Pintu Wina

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *