Cara Kerja Sistem Proteksi Petir

Sistem proteksi petir / alat penangkal petir adalah pengembangan modern dari inovasi yang dipelopori oleh Benjamin Franklin. Saat ini, sistem proteksi petir digunakan pada ribuan bangunan, rumah, pabrik, menara, dan bahkan landasan peluncuran Space Shuttle. Artikel ini akan memeriksa mengapa proteksi petir diperlukan dan apa yang sistem bisa dan tidak bisa lakukan.

Komponen sistem proteksi petir

Penangkal petir atau ‘terminal udara’ hanya sebagian kecil dari sistem proteksi petir lengkap. Bahkan, batang mungkin memainkan peran paling tidak penting dalam instalasi sistem. Sistem proteksi petir terdiri dari tiga komponen utama:

  1. Batang atau ‘Terminal Udara’ – tonjolan vertikal kecil yang dirancang untuk bertindak sebagai ‘terminal’ untuk pelepasan petir. Batang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, ukuran dan desain. Sebagian besar atasnya dengan jarum tinggi, runcing atau bola halus, dipoles. Funtionalitas berbagai jenis penangkal petir, dan bahkan neccessity of rods secara keseluruhan, adalah subyek dari banyak perdebatan ilmiah.
  2. Kabel Konduktor – Kabel berat (kanan) yang membawa arus petir dari batang ke tanah. Kabel dipasang di sepanjang puncak dan di sekitar tepi atap, kemudian turun satu atau lebih sudut bangunan ke batang tanah.
  3. Batang Tanah – Batang yang panjang, tebal, dan berat terkubur jauh di dalam bumi di sekitar struktur yang dilindungi. Kabel konduktor dihubungkan ke batang ini untuk menyelesaikan jalur yang aman untuk pelepasan petir di sekitar struktur.

Kabel konduktor dan batang pentanahan adalah komponen paling penting dari sistem proteksi petir, untuk mencapai tujuan utama mengalihkan arus petir dengan aman melewati struktur. ‘Penangkal petir’ itu sendiri, yaitu terminal yang berorientasi vertikal secara runcing di sepanjang tepi atap, tidak banyak berperan dalam fungsi sistem. Pengaturan perlindungan penuh, diberi cakupan kabel yang baik dan grounding yang baik, masih akan bekerja cukup tanpa terminal udara.

Baca Juga: Pasang Penangkal Petir

Sistem proteksi petir – Apa yang mereka lakukan dan tidak lakukan

Satu-satunya tujuan sistem proteksi petir adalah untuk memastikan keamanan sebuah bangunan dan penghuninya jika petir menghantamnya secara langsung, tugas yang harus diselesaikan dengan menyediakan jalur yang baik dan aman ke tanah agar petir dapat diikuti. Bertentangan dengan mitos, sistem proteksi petir:

  • Jangan menarik petir
  • Jangan dan tidak bisa menghilangkan atau mencegah petir dengan ‘menguras’ badai muatannya
  • Sebagian besar tidak menawarkan perlindungan lonjakan arus untuk elektronik sensitif
  • Menawarkan perlindungan kebakaran dan perlindungan kerusakan struktural dengan mencegah saluran petir yang panas dan eksplosif melewati bahan bangunan

Cek Juga: Jual Penangkal Petir

Cara kerja sistem proteksi petir

Tanpa jalur yang ditentukan untuk mencapai tanah, sambaran petir dapat memilih untuk menggunakan konduktor yang tersedia di dalam rumah atau bangunan. Ini mungkin termasuk telepon, kabel, atau saluran listrik, pipa air atau gas, atau (dalam kasus bangunan berbingkai baja) struktur itu sendiri. Petir biasanya akan mengikuti satu atau lebih dari jalan ini ke tanah, kadang-kadang melompat melalui udara melalui flash sisi untuk mencapai konduktor yang lebih baik (menonton animasi di atas). Akibatnya, petir menghadirkan beberapa bahaya bagi rumah atau bangunan apa pun:

  • Api- Api dapat mulai di mana saja kontak saluran petir yang terbuka, menembus atau mendekati bahan yang mudah terbakar (kayu, kertas, pipa gas, dll) di sebuah bangunan – termasuk kayu struktural atau isolasi di dalam dinding dan atap. Ketika petir mengikuti kabel listrik, sering akan terlalu panas atau bahkan menguapkan kabel, menciptakan bahaya kebakaran di mana saja di sepanjang sirkuit yang terkena dampak.
  • Samping samping – Samping samping dapat melompati ruangan, mungkin melukai siapa pun yang menghalangi. Mereka juga bisa menyalakan bahan-bahan seperti kaleng bensin di garasi.
  • Kerusakan bahan bangunan – Gelombang kejut ledakan yang diciptakan oleh pelepasan petir dapat meledakkan bagian dinding, pecahan beton dan plester, dan menghancurkan kaca di dekatnya.
  • Kerusakan peralatan – Televisi, VCR, gelombang mikro, telepon, mesin cuci, lampu, dan apa saja yang dicolokkan ke sirkuit yang terpengaruh dapat rusak hingga tidak dapat diperbaiki. Perangkat elektronik dan komputer sangat rentan.

Menambahkan sistem perlindungan tidak mencegah serangan, tetapi memberinya jalan yang lebih baik, lebih aman ke tanah. Terminal udara, kabel, dan batang tanah bekerja bersama untuk membawa arus yang sangat besar menjauh dari struktur, mencegah kebakaran dan sebagian besar kerusakan alat.

Kunjungi Juga: Harga Penangkal Petir

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *