Memilih Antara Palletizer Konvensional Dan Robotik

Saat Anda memutuskan untuk mengotomatiskan proses pembuatan palet di pabrik Anda, tersedia dua kategori pembuat palet: konvensional dan robot. Ragu-ragu antara kedua teknologi itu? Berikut adalah fitur dan manfaat dari keduanya, untuk membantu Anda membuat keputusan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum memutuskan, pastikan Anda tahu persis apa kebutuhan Anda. Berapa banyak produk yang perlu Anda tangani? Berapa tingkat produksi yang perlu Anda capai? Mengetahui informasi ini akan membantu Anda memutuskan apakah akan menggunakan konvensional atau robot. Pada akhirnya, Anda adalah orang yang paling terinformasi dalam hal mengetahui apa yang dibutuhkan saluran Anda agar lebih dioptimalkan.

Untuk memilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan, penting untuk mempertimbangkan lima kriteria penting:

Kecepatan | Pemeliharaan | Keserbagunaan | Jejak | Harga

Untuk mengidentifikasi bagaimana kedua jenis pembuat palet berbeda sehubungan dengan kriteria ini, baca terus.

Paletizer Konvensional = Kecepatan

Pertama, mari kita lihat pembuat palet konvensional, yang dapat dibagi menjadi dua sub-kategori: pembuat palet tingkat rendah dan tinggi. Palletizer tingkat rendah menangani produk yang dibawa oleh konveyor. Produk disejajarkan atau diputar sesuai dengan konfigurasi palet. Kemudian, mereka didorong satu sama lain untuk membentuk barisan. Kemudian, barisan didorong atau diangkat oleh alat yang menempatkan produk di atas meja formasi sesuai dengan pola yang dipilih.

Baris terbentuk, satu demi satu, sampai lapisan selesai. Tabel formasi, sekarang berisi lapisan produk lengkap, dinaikkan atau diturunkan sampai pelat stripper diposisikan dengan benar untuk melepaskan produk secara perlahan ke palet. Setiap lapisan dibuat dengan cara ini sampai palet penuh. Palet kemudian dilepas, diganti dengan yang kosong, dan prosesnya dimulai lagi.

Dengan pembuat palet tingkat tinggi, produk juga dibawa oleh konveyor, tetapi alih-alih menaikkan atau menurunkan setiap lapisan yang telah selesai untuk dibuang ke palet, paletlah yang dinaikkan atau diturunkan sementara lapisan produk tetap diam. Pembuat palet tingkat tinggi dapat mencapai kecepatan pembuatan palet yang lebih tinggi dan biasanya dipilih untuk membuat palet produk yang dapat dikompresi, karena setiap lapisan dikompresi pada semua permukaan, termasuk bagian atasnya.

Selain perbedaan tersebut, berikut adalah fitur dan manfaat utama dari palletizer konvensional:

– Kecepatan: Palletizer konvensional telah dikembangkan untuk beradaptasi dengan beberapa kecepatan produksi. Tergantung pada modelnya, kecepatan dapat bervariasi antara 10 dan 40 kantong per menit, tetapi dapat meningkat secara signifikan sesuai dengan unit yang dibuat dalam palet (hingga 200 kotak per menit).

– Pemeliharaan: Karena banyaknya operasi mekanis yang terlibat, pembuat palet ini membutuhkan perawatan lebih dari pembuat palet robot, tetapi pemeliharaannya tidak memerlukan pengetahuan khusus selain mekanik dan pneumatik tradisional.

– Keserbagunaan: Pembuat palet konvensional telah dikembangkan untuk membuat palet satu jenis produk pada satu waktu (kantong, kotak atau bal). Namun, palet yang dihasilkan umumnya sempurna dan sangat kompak, karena setiap lapisan dikompresi dan dikuadratkan. Dengan karakteristik tersebut, jenis palletizer ini dapat menghasilkan palet yang sangat tinggi dan stabil.

– Footprint: Palletizer konvensional adalah peralatan yang cukup mengesankan yang membutuhkan ruang yang cukup besar, baik di lantai maupun dalam kaitannya dengan ketinggian.

– Harga: Sebanding dengan robot palletizer.

Paletizer Robotik = Versatilitas

Sekarang, mari kita bicara tentang pembuat palet robot. Jelas, elemen kunci mereka adalah robot yang mampu secara mandiri melakukan tugas yang diberikan oleh pengontrol logika yang dapat diprogram. Komponen penting lainnya adalah gripper (alat ujung lengan), yang biasanya disesuaikan untuk menangani produk tertentu.

Pembuat palet robot dapat menangani satu atau lebih unit pada satu waktu sesuai dengan konfigurasi palet, dan membentuk beberapa lapisan pada palet setelah mengambil produk dari konveyor. Salah satu aset utama pembuat palet robot adalah kemampuannya untuk menghilangkan palet menggunakan sistem penglihatan. Berikut adalah ringkasan fitur dan manfaatnya:

– Kecepatan: Hingga 40 kantong per menit, tetapi sekali lagi, kecepatan pembuat palet robot sangat bervariasi tergantung pada produk yang ditangani. Misalnya, dapat membuat palet hingga 1.200 kaleng per menit.

– Pemeliharaan: Lebih sedikit komponen mekanis berarti lebih sedikit waktu henti dan keandalan yang unggul (perkiraan MTBF: 55.000 jam). Namun, supervisor membutuhkan pelatihan khusus yang berkaitan dengan pemeliharaan. Premier Tech menawarkan pelatihan ini pada saat pemasangan peralatan.

– Keserbagunaan: Berbagai gripper memberi robot keserbagunaan yang luar biasa dan merupakan salah satu elemen terpenting pembuat palet robot. Perkakas ujung lengannya yang khusus dapat disesuaikan dengan hampir setiap kebutuhan. Dari vakum hingga lateral, jari, dan gripper magnetik, mereka dirancang untuk menangani beberapa jenis wadah sekaligus, apa pun bentuknya. Juga, seperti yang disebutkan di atas, robot ini mampu menghilangkan palet dari berbagai jenis wadah. Menangani beberapa infeed dari SKU yang berbeda pada baris yang sama? Sistem penglihatan dapat digunakan untuk mengirim informasi ke robot sehingga dapat memilih dan menempatkan SKU yang berbeda pada palet yang berbeda.

– Jejak: Dimensi peralatan dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi sistem, tetapi fleksibilitas yang ditawarkannya memungkinkan pemasangan di ruang sempit, sambil tetap mematuhi standar keselamatan terbaru.

– Harga: Sebanding dengan palletizer konvensional.

Ada banyak keuntungan memilih solusi pembuatan palet otomatis. Antara lain, perusahaan biasanya lebih memilih teknologi semacam itu untuk meningkatkan keselamatan dan mengurangi biaya tenaga kerja yang dibawanya.

Pembuat palet otomatis terus terbukti menguntungkan untuk pabrik pengemasan dan pengemasan. Apa pun alasan Anda untuk mempertimbangkan untuk mengotomatisasi proses pembuatan palet, evaluasi menyeluruh atas kebutuhan Anda akan menjadi kunci solusi yang disesuaikan dengan baik.

Paletis Hibrida = Terbaik Dari Keduanya

Dan bagaimana dengan menggabungkan kekuatan paletizer konvensional dengan kekuatan paletizer robot? Jika Anda mencari solusi lengkap yang mampu mengurangi kelebihan kantong di palet, paletizer hybrid adalah pilihan terbaik Anda karena menggabungkan keunggulan modul konvensional dengan modul robotik. Hibrida ini dirancang untuk kemasan fleksibel dan secara otomatis menempatkan unit dengan berbagai ukuran pada palet. Teknologi pembuatan palet hibrid menawarkan pengkuadratan yang konsisten dan memungkinkan pola pembuatan palet dengan unit yang tumpang tindih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *